Langsung ke konten utama

PERBEDAAN ANTARA KOMPOR LISTRIK DAN INDUKSI

Ketika tiba waktunya untuk mengganti atau membeli kompor berdasarkan konsumsi listrik, banyak yang dihadapkan pada pilihan, apa yang harus dipilih?

Jika biasanya tidak ada masalah dengan warna, ukuran dan desain, maka pilihan antara panel listrik dan panel induksi membuat banyak orang bertanya pada diri sendiri, apa bedanya.

Pada artikel ini, kita akan membandingkan kompor listrik dan kompor induksi. Mari kita identifikasi perbedaan, pro dan kontra dari satu atau opsi lain dan rangkum analisis kita.

Perbedaan utamanya adalah cara kerjanya



Apa perbedaan antara kompor listrik dan induksiBanyak orang mengira bahwa perbedaan utama antara induksi dan elektronika adalah bahwa yang pertama "pintar" dengan banyak fungsi, sedangkan yang lainnya lebih sederhana. 

Dalam beberapa hal, tesis ini memang benar, namun masih sedikit orang yang mengetahui bahwa perangkat tersebut memiliki elemen pemanas yang berbeda. 

Panel listrik dipanaskan oleh arus yang mengalir. Yaitu, pertama, panel memanas dengan sendirinya dan baru kemudian piringnya. Permukaan induksi menghasilkan pemanasan dengan menggunakan medan magnet yang berasal dari kumparan khusus di bawah lapisan keramik-kaca dan segera memanaskan bagian bawah wadah.

Keuntungan dan kerugian

Keuntungan utama kompor listrik adalah daya. Tetapi dari sini muncul minus, konsumsi listrik di dalamnya jauh lebih tinggi daripada induksi.


Misalnya, untuk model IK 60.0 KEL dengan pemanas induksi, konsumsi listriknya adalah 6,8 kW, yang merupakan indikator kecil untuk model tersebut.

Sayangnya, ada juga kekurangannya. Kompor induksi memerlukan peralatan masak khusus dengan sifat feromagnetik. Untuk memeriksa apakah panci dan wajan Anda cocok, cukup dengan menyajikan magnet ke dasarnya, jika macet, maka semuanya beres, tidak, maka Anda harus berpisah. Untungnya, sebagian besar produsen peralatan masak telah lama memperhitungkan fitur ini dan sekarang Anda jarang menemukannya di mana pun tanpa properti ini. Set yang tersisa dari orang tua dan nenek yang diproduksi di Uni Soviet juga cocok untuk induksi, karena mereka diproduksi di antara produk damai dengan pabrik militer.Hob GRAUDE IK 60.0 KEL

Perawatan kompor listrik dan induksi sangat sederhana. Semuanya memiliki permukaan yang halus tanpa tonjolan dan alur, seperti beberapa permukaan gas yang dirancang untuk tungku memasak. Cukup menyeka dengan kain lembab atau menggunakan produk khusus yang dikembangkan untuk jenis peralatan ini.

Ciri khas dari kompor induksi adalah keamanannya. Derajat proteksi memiliki beberapa tingkatan. Pertama, mati secara otomatis jika tidak ada piring di atasnya. Kedua, jika ada benda asing di atasnya (sendok, serbet), tidak akan berfungsi tanpa mengenali garis bentuk wadah pada benda tersebut. Ngomong-ngomong, berkat sistem ini, itu tidak merusak piring, mulai memanaskan hanya dengan wadah berisi isi. Karena itu, Anda tidak perlu takut untuk membakar ketel saat kekurangan air, panel akan memperingatkan Anda dengan sinyal suara.

Permukaan listrik menjaga panas dengan sangat baik, karena fakta bahwa ia mendingin dengan lambat, fungsi panas sisa telah dikembangkan. Saat Anda selesai memasak, area yang panas akan berubah menjadi warna merah cerah, yang membantu Anda untuk tidak membakar diri sendiri dan menggunakan sisa energi. Misalnya, lelehkan sepotong mentega atau cokelat, hangatkan sandwich atau semangkuk sup.

Karena hal di atas, Anda dapat menampilkan hasil kecil.

Kelebihan induksi:

• Konsumsi energi yang ekonomis

• Penggunaan yang aman

• Makanan tidak gosong di dasar piring karena prinsip pengoperasiannya

Kelebihan listrik

• Cocok untuk semua hidangan

• Selalu hangat

• Mudah dicuci

Panel listrik lebih sederhana dan lebih kuat, cocok untuk orang yang tidak menyukai fungsi "ekstra" dan terbiasa dengan kontrol sederhana. Bagi mereka yang telah beralih dari gas ke listrik, ini adalah opsi yang paling dapat diterima.

Keluarga dengan anak-anak dan orang tua akan menghargai permukaan induksi dengan fitur keamanan yang ditingkatkan. Kunci panel dan fungsi pengenalan panci akan sangat diperlukan dalam keluarga besar. Penggemar inovasi modern mungkin tidak mencari opsi lain, karena jenis pemanas ini dianggap paling progresif.

Sebagai kesimpulan, saya ingin mengatakan bahwa semakin modern teknologinya, semakin banyak keuntungan yang dimilikinya dibandingkan dengan model yang sudah ketinggalan zaman. Terserah Anda untuk membeli kompor induksi atau listrik, fokus pada preferensi dan kebutuhan pribadi.